4 Cara Meningkatkan Kapasitas Size Maksimum Upload File WordPress

CMS WordPress banyak digunakan karena kemudahan yang ditawarkan salah satunya adalah fitur upload file dengan hanya drag and Drop saja file yang kita butuhkan sudah bisa masuk ke sistem wordpress.

Terkadang kita terkendala dengan batasan maksimum upload file di wordpress, kali ini kami akan membahas tentang 4 cara meningkatkan kapasitas upload file wordpress dengan 4 opsi berikut ini.

Setiap hosting provider akan memberikan batasan upload maksimal, untuk mengetahuinya, anda bisa masuk ke Dashboard Admin WordPress > upload > Add New. Pada bagian bawah upload, terdapat informasi seberapa besar maksimum upload di wordpress anda.

Image Caption : Cara melihat maksimum upload di WordPress (Image from NIagahoster)

Pada Umumnya, limit upload di sesuaikan dari penyedia hosting, rata-rata hanya cukup untuk kebutuhan upload tema dan plugins biasa, serta file media seperti gambar.

JIka anda mencoba untuk tetap mengupload file diatas batas maksimum, anda akan mendapatkan notifikasi error dengan pesan “exceeds the maximum upload size for this site”. Tidak perlu khawatir karena hal tersebut bisa anda diatasi dengan tutorial pada artikel ini yang akan membahas tentang Cara meningkatkan kapasitas upload file wordpress kali ini.

Apa saja yang harus disiapkan?

Kita perlu menyiapkan hal berikut sebelum bisa memulai menaikan limit upload di wordpress.

  1. Akses ke Dashboard Cpanel Hosting
  2. Akses Dashboard Admin WordPress

Berikut ini tutorial Cara Meningkatkan Kapasitas Upload file Wordpres

1. Edit File .HTACCESS

Cara ini bisa kita lakukan karena sudah banyak provider hosting yang mengizinkan kita untuk mengedit file .htaccess untuk berbagai keperluan baik urusan keamanan, maupun urusan menaikan limit upload kali ini. Anda bisa menabhakan script fungsi php_value upload_max_filesize kedalam file .htaccess dengan cara sebagai berikut.

1. Secara default website wordpress yang sudah di install akan berada di folder public_html. Anda bisa sesuaikan dengan direktori yang anda setting ketika pertama menginstall. Masuk ke Halaman Cpanel dan klik pada icon File Manager.

Image Caption : Akses File manager untuk mengedit File .htaccess

Alt Image : Cara Meningkatkan Kapasitas Upload file WordPress dengan mengedit file .htaccess

2. File .htaccess biasanya disembunyikan oleh sistem, berikut cara memunculkan file yang disembunyikan di Cpanel.

Pada halaman Directory, klik pada tombol Setting di pojok kanan atas, akan muncul popup setting dan centang Show Hidden Files (dotfiles) dan klik save. Secara otomatis, file yang tersembunyi akan muncul.

3. Setelah file .htaccess ditemukan, klik kanan pada file tersebut dan pilih opsi edit.Selanjutnya anda akan diarahkan ke halaman editor file .htaccess tersebut.

4. Di mode editor silahkan tambahkan fungsi berikut di baris paling akhir file .htaccess.

php_value upload_max_filesize 128M 

php_value post_max_size 128M 

php_value max_execution_time 300 

php_value max_input_time 30

Sesuaikan juga nominal atau angka pada fungsi php_value upload_max_filesize 123M dengan kebutuhan upload pada wordpress yang anda kelola.

5. Setelah kode berhasil dipasang, silahkan klik Save Changes.

2. Konfigurasi File php.ini

Jika anda menggunakan vps, anda bias menggunakan cara ini dengan mengakses directory menggunakan software seperti filezilla atau sejenisnya, file ini bisa anda edit dan tambahkan kode Berikut jika cara pertama tidak berhasil.

upload_max_filesize = 128M

post_max_size = 128M

max_execution_time = 300

Setelah kode ditambahkan, silahkan masuk ke dashboard admin dan masuk ke menu Media > Add New. Cek kembali apakah limit upload sudah meningkat atau belum.

3. Meningkatkan upload maksimum file lewat Cpanel

Cara ini adalah cara yang paling mudah jika provider hosting anda menyediakan fitur php version seperti pada cpanel niagahoster.

1. Silahkan masuk ke Cpanel dan cari menu atau icon Select PHP Version. Menu ini ada di kolom software.

2. Di halaman php, klik pada text menu Option untuk beralih mode.

3. Scroll ke bawah dan anda akan menemukan opsi untuk menaikan post_max_size dan Upload_max_filesize.

4. Silahkan naikan sesuai kebutuhan.

Catatan : Ketika anda menaikan limit upload file wordpress, anda juga harus memperhatikan limit waktu upload dimana ini sangat penting. Analoginya, semakin besar file yang diupload, maka semakin banyak pula waktu yang dibutuhkan untuk mengunggah file tersebut.

Untuk Menghindari bertambahnya error, anda bisa meningkatkan juga opsi max_execution_time  dan max_input_time  masih di menu yang sama.

5. Setelah itu, anda bisa simpan pengaturan dengan klik tombol Save.

4. Edit File wp-config.php

Cara ini bisa Anda gunakan jika ketiga cara diatas tidak work, merubah file wp-config.php bisa dilakukan di admin WordPress dengan cara install plugins file manager atau bisa mengeditnya di Cpanel.

File ini berada di direktori utama atau biasa ada di public_html.  Silahkan Edit file tersebut dan tambahkan kode berikut. 

define(‘WP_MEMORY_LIMIT’, ‘128M’);

Seperti biasa sesuaikan ukuran dengan kebutuhan ya. Setelah itu jangan lupa simpan.

Kesimpulan

Dari ke empat cara diatas seharusnya kita sudah bisa mengunggah file lebih besar dari sebelumnya. Terima kasih sudah mengunjungi artikel tentang cara meningkatkan kapasitas upload file wordpress kali ini. Jika dirasa bermanfaat bisa bantu share artikel ini. Salam.

Leave a Comment